Pentingnya Membangun Budaya Literasi di Sekolah Dasar Islam Terpadu

Authors

  • Izzudin Hitimala Sekolah Tinggi Agama Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i6.592

Keywords:

Implementation, Literacy Culture Program, Elementary School

Abstract

This research aims to describe the implementation of literacy culture programs in elementary schools. This research uses a qualitative phenomenological approach. The subjects were school principals, teachers, students selected using purposive sampling techniques. Test the validity of the data using triangulation techniques by comparing the results of observations, interviews and documentation. The research results show that: 1) The policy of implementing a literacy culture in elementary schools using the government's School Literacy Movement program. This is based on Minister of Education and Culture Regulation no. 23 of 2015 which focuses on character development. (2) Implementation of literacy culture in elementary schools. This is based on the habituation stage which involves 10 minutes of reading the Koran and story books before learning. The activity development stage carried out was responding to the contents of reading books by reading independently, giving appreciation to students' literacy achievements, and having a school literacy team. The learning stage involves getting used to reading textbooks and using various strategies that support learning.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2017).Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi

Azis, S. (2017).Implementasi Kultur Literasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Menulis dan Berpikir Kritis Siswa SD Plus AlKausar Malang. Universitas. Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Barlow, D. (2012). Sastra Anak-anak di Kelas: Melibatkan Pembaca Seumur Hidup.Mendidik.

Bixler, J., Smith, S., & Henderson, S. (2013). Mengundang Calon Guru ke Bincang Buku: Mendukung Budaya Membaca Seumur Hidup. Baca Cakrawala,52,(3), hal.233–254.

Citra, NCH, Fajriyah, K., & Budiman, MA (2019). Pembentukan Karakter Rasa Ingin

Cuplikan kinerja dalam membaca matematika dan sains, hal.1–10.

Harjatanaya, TY, Chysta, G., & Islamy, S. (2018).Buku Putih : Literasi di Indonesia.

Kajian, Divisi Pendidikan, Komisi Dunia, PPI, 1–60.

Kellner, IKLAN, & Bagikan, J. (2009).Literasi Media Kritis, Demokrasi, dan Rekonstruksi Pendidikan.Dalam D. Macedo & SR Steinberg (Eds.),Literasi Media: Seorang Pembaca, 3–23.

Kemendikbud. (2017).Buku Gerakan Literasi Sekolah. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.Diperoleh pada Januari 2017 darihttps://dikdasmen.kemdikbud.go.id .

Kemendikbud. (2019).Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti, hal.1–8.

Latham. (2012).Cara Anak Belajar Menulis: Mendukung dan Mengembangkan Anak

Mantap, T. (2009).Pilihan yang Baik: Mendukung Kemandirian Membaca dan Respon K-6,

Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Menggali.,77(7), hal. 71.

Menulis di Sekolah.London: Paul Chapman.

Mereka tahu. Sekretaris Jenderal, OECD.

Mereka tahu.Sekretaris Jenderal, OECD.

Milles, MB, & Huberman, AM (1994).Analisis Data Kualitatif. Kalifornia: Bijak Publikasi.

Muslimin. (2018).Menumbukan Budaya Literasi dan Minat Baca dari Kampung. Gorontalo:

Penerbitan Ide.

PISA. (2018).Indonesia Apa yang diketahui dan dapat dilakukan oleh siswa berusia 15 tahun di Indonesia Gambar 1 .

PISA. (2018).Menghasilkan Fokus pada Apa yang Diketahui Anak Usia 15 Tahun dan Apa yang Dapat Mereka Lakukan Dengan Apa

Portland: Penerbit Stenhouse.

Pressley, M, Mohan L, Raphael ML, dan Fingeret L. (2007). Bagaimana Bennett Woods Sekolah Dasar menghasilkan prestasi membaca dan menulis yang tinggi?. J.Mendidik. Psikologi,99(2), hal.221–240.

Rostiawati, E. (2017). Membumikan Budaya Literasi di Provinsi Kalangan Widyaiswara Banten.Jurnal Lingkar Widiyaswara,4(1), 1–6.

Sari, IFR (2018). Konsep Dasar Gerakan Literasi Sekolah Pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti.Al-Bidayah J.Pendidik. Dasar Islam, 10 (1), hal.89–100.

Suragangga, IMN (2017). Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu Lembaga Penjaminan Mutu Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar,3(2). Diperoleh pada 2 Agustus 2017 dari https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM

Tahu Melalui Kegiatan Literasi. Indonesia. Nilai Pendidikan Karakter. J.,2(2), hal. 69.

Tantri & Dewantara. (2017). Keefektifan Budaya Literasi Di SDN 3 Banjar Jawa Untuk Meningkatkan Minat Baca,Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan.1(4) hal.204-209.

WEF. (2016).Visi Baru Pendidikan : Membina Sosial dan Emosional Dengan Apa

Published

2024-08-01

How to Cite

Izzudin Hitimala. (2024). Pentingnya Membangun Budaya Literasi di Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 2(6), 39–50. https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i6.592

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.