Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Budaya Disiplin Di SMP Unggulan Mukhtar Syafa’at Blokagung Banyuwangi Tahun 2022/2024

Authors

  • Ikhsan Huzali Universitas KH. Mukhtar Syafa’at Blokagung Banyuwangi
  • Moh. Fathul Ikhsan Universitas KH. Mukhtar Syafa’at Blokagung Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i2.140

Keywords:

School Center of Excellence, Brand Image, SMP Ungulan Mukhtar Syafa’at Blokagung Banyuwangi

Abstract

The objectives of this study are: 1) To find out the planning of students in improving the culture of discipline at Mukhtar Syafa'at Blokagung Banyuwangi Middle School. 2) To find out the coaching of students in improving the culture of discipline at Mukhtar Syafa'at Blokagung Banyuwangi Middle School. 3) To find out the inhibiting and supporting factors for student management in improving the culture of discipline at Mukhtar Syafa'at Blokagung Banyuwangi Middle School. This study uses a qualitative research approach with a descriptive qualitative research type. used to collect data in this study is through observation, interviews, and documentation. Determination of informants in this study using purposive. The data analysis used is Miles and Huberman's interactive analysis which includes data collection, data presentation, and conclusion and verification. To test the validity of the data using source triangulation. The results in this study are student management in improving the culture of discipline at Mukhtar Syafa'at Superior Middle School through planning, coaching and evaluation. While the focus of the discipline culture here is learning discipline, time discipline, worship discipline and attitude discipline.

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyanto, Iwan dkk. 2019. Manajemen Peserta Didik. Klaten. Lakeisha.

B, Satridjo & Sudarmiani. 2018. Manajemen Pendidikan. Jogjakarta. LEBENSLAUF. Offset Andi.

Badrudin. 2014. Manajemen Peserta Didik. Jakarta. PT. Indeks.

Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta. Prenada Media Group.

Hardani dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta. CV Pustaka Ilmu.

Fatkhul Fahrozi, Imam. 2018. Skripsi “Kepemimpinan siswa dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMK PGRI 2 Ponorogo”. Ponorogo IAIN Ponorogo.

Imron Ali. 2012. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Mamik. 2015. Metodologi Kualitatif, cet. Ke- 1. Sidoarjo. Zifatama Publisher.

Prihatin Eka. 2014. Manajemen Peserta Didik. Bandung. Alfabeta Bandung.

Rohman, Fathur. 2018. Jurnal “Peran Pendidik Dalam Membangun Disiplin Siswa di Sekolah/Madrasah”. Medan Sumatera Selatan.

Rohman, M.Dzikri Abdul. 2018. “Skripsi Peranan Kepemimpinan dalam Meningkatkan Disiplin Siswa di MI Al-Ihsan Pamulang”. jakarta UIN Syarif Hidayatullah.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kantitatif, Kualitatif dan R&D cet. Ke-22. Bandung. Alfabeta.

Terry, G. R.1972. “Principles of Management”, dalam Agus Wibowo.

UU No 20 Tahun 2003, pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas)

UU No. 20 Tahun 2003, pasal 1(1) tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas)

UU No. 20 Tahun 2003, pasal 1(4) tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas)

LPPM IAI Darussalam, 2022. Pedoman Penulisan Karya Ilmiyah, Banyuwangi IAI Darussalam Blokagung Banyuwangi.

Hambali, Imam. Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Disiplin Peserta Didik , JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan: Vol. 4 No. 1 (2021): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Suharsimi, Arikunto. 1993. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi, Jakarta: Pt Rineka.

Batlajery, Samuel, 2016. “Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Pada Aparatur Pemerintahan Kampung Tambat Kabupaten Marauke’ Vol. VII, No. 2, (2016) Elly, Rosma, ‘Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sd Negeri 10 Banda Aceh’, Vol. 3 No.4.

Haryono, Sugeng, 2016. ‘Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi’, Vol. 3 No. 3.

Hermino, Agustinus, 2013. “Asesmen Kebutuhan Organisasi Persekolahan”: Tinjauan Perilaku Organisasi Menuju Comprehensive Multilevel Planning, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Imron, Ali. 2012. “Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah”, Jakarta : PT Bumi Aksara. 2012.

Junaidi, 2015. “Pelaksanaan Manajemen Peserta Didik Pada MAN Beringin Kota Sawahlunto”, Vol. III. No. 1.

Moleong, j. Lexy. 2017. “Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Prihatin, Eka, 2011. “Manajemen Peserta Didik”. Bandung: Alfabeta. 2011.

Ramli, M., 2015. “Hakikat Pendidik Dan Peserta Didik”, Volume 5, Nomor 1.

Rifa’i, Muhammad, 2018 “Manajemen Peserta Didik: Pengelolaan Peserta Didik Untuk Efektivitas Pembelajaran”, Medan: CV. Widya Puspita.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 2015. “Manajemen Pendidikan”, Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Sisdiknas tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003, No. 20 pasal 1 ayat 1.

Wiyani, Novan Ardy, 2017. “Manajemen Kelas: Teori Dan Aplikasi Untuk Menciptakan Kelas Yang Kondusif”. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. 2017.

Yumanzah, Aminuliya Octa, 2022. “Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Budaya Disiplin Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso”. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Downloads

Published

2024-02-13

How to Cite

Ikhsan Huzali, & Moh. Fathul Ikhsan. (2024). Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Budaya Disiplin Di SMP Unggulan Mukhtar Syafa’at Blokagung Banyuwangi Tahun 2022/2024. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 104–115. https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i2.140

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.