Implementasi Ajaran Buddha dalam Pengembangan Budi Pekerti Siswa: Studi pada Siswa Beragama Buddha di Sekolah Menengah di Jawa Tengah

Authors

  • Prajna Parama Satya Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya Wonogiri

DOI:

https://doi.org/10.61132/jbpab.v2i4.1091

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi implementasi ajaran Buddha dalam pengembangan budi pekerti di kalangan siswa beragama Buddha di sekolah-sekolah menengah di Jawa Tengah. Dengan menggunakan pendekatan metode campuran melalui survei (n=135) dan wawancara (n=12), penelitian ini meneliti bagaimana prinsip-prinsip Buddha diintegrasikan ke dalam pendidikan formal untuk mengembangkan nilai-nilai etika dan karakter moral pada siswa Buddha. Temuan menunjukkan bahwa sekolah yang menerapkan program pendidikan karakter berbasis ajaran Buddha secara terstruktur menunjukkan peningkatan signifikan dalam perilaku etis siswa, perhatian penuh (mindfulness), dan tanggung jawab sosial dibandingkan dengan pendekatan konvensional. Strategi yang paling efektif meliputi praktik meditasi harian, integrasi etika Buddha ke dalam kurikulum reguler, proyek pembelajaran layanan, dan resolusi konflik secara mindful. Penelitian ini mendemonstrasikan bagaimana ajaran Buddha dapat diadaptasi secara efektif untuk lingkungan pendidikan kontemporer sambil mengatasi tantangan remaja modern. Studi ini memberikan kerangka kerja untuk mengembangkan program pendidikan karakter yang berakar pada kebijaksanaan Buddha yang relevan dengan kebutuhan pendidikan saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bodhi, B. (2016). The Noble Eightfold Path: Way to the End of Suffering. Buddhist Publication Society.

Creswell, J. W., & Clark, V. L. P. (2018). Designing and Conducting Mixed Methods Research (3rd ed.). SAGE Publications.

Hanh, T. N. (2017). The Art of Living: Peace and Freedom in the Here and Now. HarperOne.

Kabat-Zinn, J. (2003). Mindfulness-Based Interventions in Context: Past, Present, and Future. Clinical Psychology: Science and Practice, 10(2), 144-156. https://doi.org/10.1093/clipsy.bpg016

Komalasari, K., & Saripudin, D. (2018). The Influence of Living Values Education-Based Civic Education Textbook on Student's Character Formation. International Journal of Instruction, 11(1), 395-410. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11127a

Kornfield, J. (2008). The Wise Heart: A Guide to the Universal Teachings of Buddhist Psychology. Bantam Books.

KPAI. (2020). Laporan Kinerja Komisi Perlindungan Anak Indonesia Tahun 2019. Komisi Perlindungan Anak Indonesia.

Lickona, T. (2009). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.

Schonert-Reichl, K. A., & Roeser, R. W. (Eds.). (2016). Handbook of Mindfulness in Education: Integrating Theory and Research into Practice. Springer.

Singh, N. N., Lancioni, G. E., Winton, A. S., Karazsia, B. T., & Singh, J. (2013). Mindfulness training for teachers changes the behavior of their preschool students. Research in Human Development, 10(3), 211-233. https://doi.org/10.1080/15427609.2013.818484

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 47-58. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316

Thanissaro, B. (2013). The Buddhist Monastic Code: The Patimokkha Training Rules Translated and Explained. Valley Center, CA: Metta Forest Monastery.

Thera, N. (2014). The Heart of Buddhist Meditation: The Buddha's Way of Mindfulness. Buddhist Publication Society.

Van Gordon, W., Shonin, E., Griffiths, M. D., & Singh, N. N. (2015). There is only one mindfulness: Why science and Buddhism need to work together. Mindfulness, 6(1), 49-56. https://doi.org/10.1007/s12671-014-0379-y

Wahab, A., & Umiarso, U. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi Pesantren. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 1-17. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.28680

Winata, K. A., & Friantary, H. (2020). Implementasi Pendidikan Agama Buddha dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Indonesia, 3(1), 19-28. https://doi.org/10.23887/jppbi.v3i1.3416

Downloads

Published

2025-04-12 — Updated on 2025-04-12

Versions

How to Cite

, P. P. S. (2025). Implementasi Ajaran Buddha dalam Pengembangan Budi Pekerti Siswa: Studi pada Siswa Beragama Buddha di Sekolah Menengah di Jawa Tengah. Jurnal Budi Pekerti Agama Buddha, 2(4), 26–40. https://doi.org/10.61132/jbpab.v2i4.1091