Kepemimpinan Berbasis Nilai-Nilai Islami dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i4.546Keywords:
Leadership, Islamic Values, Elementary Schools, Islamic Religious EducationAbstract
Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah dasar memiliki peran yang penting dalam membentuk karakter dan moral peserta didik. Kepemimpinan yang efektif dalam konteks ini memegang peranan kunci dalam memastikan pengalaman belajar yang bermakna dan berkualitas bagi siswa. Artikel ini membahas konsep kepemimpinan berbasis nilai-nilai Islami dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di sekolah dasar. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan studi literatur, artikel ini mengeksplorasi bagaimana kepemimpinan yang berakar pada nilai-nilai Islam dapat memperkaya pengalaman belajar siswa dan meningkatkan efektivitas guru dalam mengajar PAI. Temuan dari artikel ini menyoroti pentingnya integrasi nilai-nilai Islam dalam praktik kepemimpinan sekolah dasar, seperti kejujuran, keadilan, kesederhanaan, dan empati, untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan berdaya. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah bahwa para pemimpin sekolah dasar perlu memperkuat pemahaman dan implementasi nilai-nilai Islam dalam strategi kepemimpinan mereka guna memperbaiki kualitas pendidikan agama Islam dan membentuk karakter yang kuat pada generasi muda Muslim.
Downloads
References
Al-Qur'an. (n.d.). Al-Ahzab: 72. Retrieved from https://quran.com/al-ahzab/72
Al-Qur'an. (n.d.). An-Nisa: 58. Retrieved from https://quran.com/an-nisa/58
Al-Qur'an. (n.d.). At-Taubah: 119. Retrieved from https://quran.com/at-taubah/119
Khobir, A. (2009). Pendidikan agama Islam di era globalisasi. Forum Tarbiyah, 7(1), 2–2.
Kholis, N. (2022). Total Quality Management Pendidikan Islam. Penerbit NEM - Anggota IKAPI.
Meitha, A., & Sasmito, C. (2016). Pengaruh kepemimpinan, kedisiplinan dan komunikasi terhadap pelayanan publik di puskesmas Kabupaten Sambas. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 5(3), 109–114.
Mubaedi, I. (2017). Kepemimpinan pendidikan Islam di SD Salsabila 3 Banguntapan. An-Nidzam: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1), 43–66. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v4i1.25
N/A. (2014). Pemimpin dan kepemimpinan kita. Retrieved from https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/7018/Pemimpin-dan-Kepemimpinan-Kita.html
Pulungan, M. H. (2019). Implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter siswa di SD It Al-Hijrah 2 Laut Dendang. Repository Uinsu, 1–138.
Rahmat Ilyas. (2016). Manusia sebagai khalifah dalam persepektif Islam. Mawa’izh, 1(7), 1–27.
Sa’dullah, A. S. (2023). Strategi humas berbasis partisipasi orang tua dalam meningkatkan layanan pendidikan. SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies, 3(3), 68–80. https://doi.org/10.28926/sinda.v3i3.1160
Sari, P. (n.d.). Keteladanan guru terhadap kultur Islami di SMA Plus Negeri 07 Bengkulu, 239–249.
Sumawati, D., Nuzulla, I., & Mubarok, I. (2023). Pengaruh kepemimpinan berbasis nilai-nilai Islam dalam efektivitas manajemen komunikasi organisasi. Student Research Journal, 1(6), 249–261.
Terry, G. R. (2003). Prinsip-prinsip manajemen (J. Smith D. F. M. Trans.). Jakarta: Bumi Aksara.
Wulandari, I. A. G., I Made Putra Aryana, & I Gede Eka Surya Kanta. (2022). Peran teknologi dalam pembelajaran pendidikan agama Hindu. JAPAM (Jurnal Pendidikan Agama), 2(02), 138–147. https://doi.org/10.25078/japam.v2i02.1448
Zulfikar, Z. (2021). Peranan kepemimpinan perempuan dalam jabatan fungsional (Studi di Puskesmas Simpang Tiga Kabupaten Pidie). Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 11(2), 119–129. https://doi.org/10.33592/jiia.v11i2.2209
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.