Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Karakter Jujur Peserta Didik

Authors

  • Hidayat Hidayat IAI Ar Risalah Inhil Riau

DOI:

https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i3.595

Keywords:

The Role of Islamic Education, Character, Honest Attitude

Abstract

This study was conducted to measure the attitude of honesty in each student in grade V of SDI al Rasyid Elementary School Pekanbaru. The method used in this study is a descriptive method with a quantitative approach. The sample in this study were grade V students at SDI al Rasyid Pekanbaru. The data collection technique used observation, this was done by researchers by directly reviewing the field as a research object to obtain data, then the researcher gave a questionnaire. From the results of the data obtained, the average number of honesty attitudes of students in grade V was 80.23, a fairly large number which means that it provides a conclusion that the honest attitudes possessed by students are quite good and high. This is inseparable from the role of education that always shapes and directs them in everyday life, the role of education both in schools, families and the community environment is a supporting factor in character building or honest attitudes towards students.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanda, Alhamida, Elvita Sarah, Layli sartika, Nurul aini, Wismanto. 2018. “HADIS-HADIS TENTANG PENDIDIKAN (Suatu Telaah Tentang Pentingnya Pendidikan Anak).” Diroyah : Jurnal Studi Ilmu Hadis 1(1):35–42. doi: 10.15575/diroyah.v1i1.2053.

Amanda, Amanda et al. 2024. “Implementasi Akhlak Kepada Allah Swt Dalam Kehidupan Sehari-Hari Mahasiswa.” 2(3).

Angel, Amelia et al. 2024. “Nilai-Nilai Puasa Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Karakter.” 723–31.

Asma Yunita, Miftahul Jannah, Riska Rahmasari, Riski Rahmasari, Wismanto. 2021. “Perspektif Al-Qur’an Tentang Pembebasan Manusia Melalui Pendidikan Akhlak.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 9(1):51. doi: 10.36667/jppi.v9i1.670.

Asror, Fuad Mafatichul et al. 2021. “Kewajiban Dan Karakteristik Belajar Mengajar Ala Rasulullah (Perspektif Hadis).” Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam 14(2):187. doi: 10.32832/tawazun.v14i2.4982.

Dewianti, Annisa Fitri et al. 2024. “Analisis Urgensi Pendidikan Akhlak Berkarakter Dalam Membangun Keluarga Bahagia.” (3):154–67.

Elbina Saidah Mamla, Wismanto. 2021. “Tafsir Maudhu’i Tentang Konsep Pendidikan Karakter Jujur Dalam Al-Qur’an.” At-Thullab 1(2):16.

Fakhrurrazi, and Mirsal Ilham. 2023. “Peranan Pesantren Dalam Membangun Karakter Bangsa.” Az Zarmuji: Journal Of Islamic Education 1(1):31–48.

Fitri, Aulia et al. 2023. “Peran Ganda Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membimbing Siswa Bermasalah Di SD Islam Al-Rasyid Pekanbaru.” Journal on Education 5(3):9710–17.

Haibah, Mujahidatul et al. 2020. “Pembiasaan Membentuk Karaktek Peserta Didik Madrasah Miftahul Huda Musi Rawas Utara.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5(2):23–32. doi: 10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5341.

Isran Bidin, Muhammad Isnaini, Misharti, Wismanto, Khairul Amin. 2022. “Penguatan Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Tahfizh Quran Hadits Rabbaniy Internasional Pekanbaru-Riau.” Journal on Education 04(04):1448–60.

Jai, AJ et al. n.d. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Jujur Pada Siswa.” 103.88.229.8.

Jakrinur, Adam et al. 2024. “Analisis Tentang Pendidikan Karakter Yang Terdapat Dalam Surat Luqman Ayat 12-19 ( Kajian Tafsir Al-Azhar ).” 2(3).

KEMENDIKNAS. 2011. “Character Education Implementation Guide Book.” The Ministry of National Education 14–16.

Mardianto, Khafid et al. 2024. “Implementasi Metode Pendidikan Akhlak Anak Dalam Lingkungan Keluarga Untuk Menciptakan Karakter Dan Membentuk Generasi Yang Berkualitas.” 749–57.

Mei, Vol No et al. 2024. “Analisis Ayat - Ayat Pendidikan Tentang Pembentukan Karakter Peserta Didik ( Objek Pendidikan ) Undang - Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Republik Penelitian Kepustakaan Yang Direncanakan Berdasarkan Buku - Buku , Terbitan Ber.” 5(2):43–57.

Mu’id Aris Shofa, Abd. et al. 2020. “Sejarah Panjang Pendidikan Karakter Di Indonesia Pada Era Proklamasi Kemerdekaan Sampai Era Reformasi.” Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila Dan Kewarganegaraan 6(1):73–90.

Muslim et al. 2023a. “Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius Di Era Disrupsi ( Studi Kasus Di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ).” Journal of Education 05(03):10192–204.

Muslim et al. 2023b. “Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius Di Era Disrupsi ( Studi Kasus Di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ).” Journal of Education 05(03):10192–204.

Naila Hafizah, Wardah Yuni Artika, Sri Mei Ulfani, Ratih Kumala Sari, Wismanto. 2024. “Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik.” Repository.Uinsaizu.Ac.Id 5(2):29–42.

Neriani, Sri indriyani, Dea Avrilia, Dzakirah Nur Assyifa, Elsa Safitri, Wismanto. 2024. “Analisis Tentang Pentingnya Meningkatkan Kualitas Pendidikan Dalam Shalat Komunikasi Langsung Untuk Mendekatkan Diri Kepada Tuhan Yang Maha Esa . Shalat Permasalahan Manusia . Shalat Secara Tidak Langsung Melatih Kedisiplinan , Kesucian Dan.” 2(3):10–22.

Parulian Sijabat, Oslen et al. 2022. “Membangun Karakter Konservasi Dan Nilai-Nilai Matematika Pada Pendidikan Matematika.” Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa) 2(2):171–82. doi: 10.46229/elia.v2i2.407.

Rahmasari, Riska et al. 2024. “Penanaman Nilai-Nilai Islam Dalam Upaya Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam.” 2(3).

Sari, Ratih Kumala et al. 2024. “Kesempurnaan Akhlak Dan Pribadi Nabi Muhammad Rasulullah Sallallahu ’ Alaihi Wasallam Muhammad Penelitian Ini Dilakukan . Dengan Menggali Berbagai Dimensi Sosial Keagamaan.” (2):253–65.

Surya, Prastio, and Muhammad Husnur Rofiq. 2021. “Internalisasi Nilai Karakter Jujur Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Unggulan Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto.” Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2(1):31–37. doi: 10.31538/munaddhomah.v2i1.65.

Susanto, Bambang Wahyu, and Atiqah Zhafirah Lasmiadi, A. Muallif, Wismanto. 2023. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Berkomunikasi Peserta Didik.” 12:327–37.

Wardah yuni kartika, Lidya zanti, Dini gita sartika, Zaky Raihan, Wismanto. 2024. “Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Akhlak Anak Sejak Dini Dalam Sudut Pandang Al-Qur ’ An.” (2):290–300.

Windi Alya Ramadhani , Nurul Aini, Zahara Tulhusni, Wismanto, Safa fakhlef. 2024. “Dampak Perhatian Orang Tua Terhadap Perkembangan Akhlak Anak.” (2):276–89.

Wismanto, Alhairi, Lasmiadi, A Mualif, Afdal. 2023. “Aktualisasi Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Mengembangkan Karakter Toleransi Peserta Didik Pada Sekolah Dasar Islam Ar-Rasyid Pekanbaru.” 4(4):1625–33.

Wismanto, Saputra, M. Ramadhan et al. 2024. “Membentuk Kepribadian Muslim Peserta Didik Melalui Pendidikan Berbasis Akhlak.” 3(1).

Wismanto, Yupidus, Efni Ramli, Ridwan, Elbina Mamla Saidah. 2023. “PENDIDIKAN KARAKTER GENERASI MUKMIN BERBASIS INTEGRASI AL QUR’AN DAN SUNNAH DI SDIT AL HASAN TAPUNG - KAMPAR.” 12(1):196–209.

Wismanto. 2021. “Pembentukan Awal Generasi Mukmin Dalam Al- Qur ’ An Hadits Dan Implikasinya Pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Imam Asy-Syafii Pekanbaru.” 12(1).

Published

2024-05-30

How to Cite

Hidayat Hidayat. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Karakter Jujur Peserta Didik. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 2(3), 327–335. https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i3.595

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.