Ethics Project Mata Kuliah Etika Kristen dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.61132/tritunggal.v2i4.695Keywords:
Indonesian Students, Christian Ethics, Critical Thinking SkillsAbstract
The project shows that Christian ethical principles provide a strong foundation for Indonesian students to understand values such as 1) love, 2) justice, and 3) responsibility, which can help Indonesian students improve their critical thinking skills. The purpose of this study is to explore the impact of the ethics project in the Christian Ethics course on improving the critical thinking skills of Indonesian students. The methods used include active learning through discussions, case studies, and social projects that integrate Christian ethical values. As such, the results of the evaluation showed that there was a significant improvement in Indonesian students' ability to analyze and formulate ethical decisions. Thus, this project contributes to the formation of a generation of students who are more sensitive to ethical and social issues in societ.
Downloads
References
Ahmad Ridwan. (2023). Penerapan metode diskusi dalam meningkatkan semangat belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SDN Plawad 04. Retrieved from https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:hxjjuv7eavqj:scholar.google.com/
Alfiatul Fahkiroh, & Dwi Putri Fatmawati. (2023). Studi literatur: Literasi digital sebagai dasar dari kompetensi pedagogik pada calon guru matematika di era Society 5.0.
Almadina Rakhmaniar. (2024). Peningkatan kemampuan berbicara di depan umum melalui pelatihan public speaking pada SMA Pasundan 1 Kota Bandung. Uli, 4(3), 31–2024. https://doi.org/10.56910/safari.v4i3.1592
Arif Zunaidi. (2023). Pengoptimalan manajemen wakaf produktif dalam mendorong terwujudnya Sustainable Development Goals (SDGs). September 22nd, 9(2).
Asy Syifa Dhewi. (2022). Strategi literasi digital sebagai sarana penguatan berpikir kritis mahasiswa peminatan jurnalistik.
Awaluddin Tjalla. (2022). Untitled. Retrieved from https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:kd-chhctmpuj:scholar.google.com/
Baso Intang Sappaile. (2024). Pengembangan metode penilaian otentik untuk mengukur kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Universitas Pahlawan, 7(1), 04/02/2024. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp
Bella Kumalasari. (2023). Evaluasi program pendidikan karakter di SD Athalia dengan model CIPP (context, input, process, product). Jurnal Administrasi Pendidikan, 11(2), 60–72. https://doi.org/10.21831/jamp.v11i2.65007
Chris Apandie. (2022). Project citizen mata kuliah kewarganegaraan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa di Institut Agama Kristen Negeri Palangkaraya. Jurnal Civic Hukum, 7(2), November. https://doi.org/10.22219/jch.v7i2.21790
Dany Syarifudin Abdullah. (2024). Peran media pembelajaran dalam konteks pendidikan modern. 4(1), 91–101.
Efi Miftah Faridli. (2024). Membangun budaya anti-korupsi: Implementasi prinsip-prinsip Mohammad Hatta dalam pembelajaran di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Jurnal Pengembangan Pendidikan Indonesia, 10(1), 200–208. https://doi.org/10.59581/jpat.widyakarya.v2i1.2518
Emanuel Filip Tungary. (2023). Paralelisme ajaran Konfusius dan Katolik: Analisis perbandingan tentang etika, moralitas, dan peran keluarga. Retrieved from https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:rbulapyctrwj:scholar.google.com/
Fatieli Halawa. (2024). Mengembangkan kematangan spiritual: Peran PAK dalam pembentukan kepribadian holistik. Jurnal Pendidikan Agama Kristen Widyakarya, 2(1), Maret. https://doi.org/10.59581/jpat.widyakarya.v2i1.2518
Gadrin George Robert Jarangga. (2024). Nasehat biblikal yang menjadi norma seorang pemimpin jemaat: Sebuah kajian teologis-ethis berdasarkan Titus 1:5–9. Retrieved from https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:feukgkc29gaj:scholar.google.com/
Gunawan Santoso. (2023). Kajian penegakan hukum di Indonesia untuk membentuk perdamaian dalam Bhinneka Tunggal Ika Indonesia abad 21. 2(1), Maret.
Hendrik Legi. (2023). Problematika pendidikan Kristen di Indonesia di tengah kemerosotan moral. 1(2), 166–181, November.
Ivana. (2024). Ancaman darurat text narrative artificial intelligence pada pendidikan akuntansi. https://doi.org/10.17509/xxxx.xxx
Junaidy Alexander Sagala. (2023). Pentingnya mengembangkan sikap kritis dalam pendidikan agama Kristen di SMAN 12 Malinau. Retrieved from https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:ulcznwuk5o4j:scholar.google.com/
Laurensia Della Putri Yolanda, & Dhea Puspitasari. (2024). Implementasi role playing untuk peningkatan hasil belajar pada tema 6 subtema 1. Retrieved from https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:udznr1bfazsj:scholar.google.com/
Liena Hulu. (2024). Menggali makna rohani dalam kurikulum pendidikan agama Kristen. Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 2(2). https://doi.org/10.55606/jutipa.v2i2.294
Pela Parma. (2023). Inovasi dalam kurikulum pendidikan Islam untuk meningkatkan karakter dan etika siswa. Retrieved from https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:0utagzwxhekj:scholar.google.com/
Putri Adelia. (2024). Analisis sintaks pembelajaran pendekatan STEM (science, technology, engineering, art, and mathematics) dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa PAI di Pascasarjana IAIN Curup.
Salim. (2022). Untitled. Retrieved from https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:atvnglh5oguj:scholar.google.com/
Saortua Marbun. (2024). Untitled. Retrieved from https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:ova0efl5jrij:scholar.google.com/
Saragih Rifando. (2022). Bab I Pendahuluan A. Latar belakang masalah fenomena problematika kenakalan remaja di Indonesia semakin hari semakin menunjukkan. Retrieved from https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:buchgcxrdsoj:scholar.google.com/
Torang Siregar. (2024). Evaluasi dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa melalui penggunaan metode tugas berbasis proyek. Retrieved from https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:eoyshy74p-0j:scholar.google.com/
Trisna Sukmayadi. (2024). Membangun keterampilan berpikir kritis mahasiswa melalui literasi kewarganegaraan di Universitas Ahmad Dahlan. Retrieved from https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:owtljh1x4t4j:scholar.google.com/
Yani Suryani, M. Pd. (2024). 99e-LKM berbasis PjBL terintegrasi etno-STEM pada materi IPA dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan pada mahasiswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tri Tunggal: Jurnal Pendidikan Kristen dan Katolik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.