Meningkatkan Minat Baca Siswa SD Al-Hikmah Melalui Program Literasi Kreatif
DOI:
https://doi.org/10.61132/ardhi.v2i5.668Keywords:
Minat Baca, Literasi Kreatif, kreativitasAbstract
Minat baca merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan literasi siswa yang dapat mempengaruhi pencapaian akademis serta kemampuan berpikir kritis dan kreatif dikemudian harinya atau sebagai landasan untuk tingkat pendidikan lebih lanjut. Akan tetapi, fenomena di Indonesia tingkat minat baca siswa sekolah dasar tergolong rendah, yang disebabkan oleh kurangnya akses terhadap bahan bacaan yang menarik serta terbatasnya kegiatan literasi yang inovatif dan menyenangkan. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa SD Al-Hikmah melalui Program Literasi Kreatif, yang dirancang untuk mengintegrasikan kegiatan literasi dengan kreativitas. Program ini melibatkan berbagai kegiatan seperti pembuatan cerita bergambar, permainan peran berdasarkan buku cerita yang dilakukan di perpustakaan sekolah atau pun di dalam kelas. Kegiatan-kegiatan itu mendorong siswa untuk mengekspresikan ide-ide mereka melalui tulisan dan gambar. Melalui pendekatan yang interaktif dan menyenangkan, diharapkan siswa dapat melihat membaca sebagai aktivitas yang menarik dan bermanfaat, sehingga minat baca mereka akan meningkat. Hasil dari pengabdian ini diharapkan dapat menunjukkan peningkatan minat baca siswa, yang diukur melalui partisipasi aktif dalam kegiatan, peningkatan frekuensi membaca, serta perubahan sikap positif terhadap kegiatan membaca. Program ini juga bertujuan untuk memberikan model pembelajaran literasi yang dapat diadopsi oleh sekolah-sekolah lain guna membudayakan literasi di kalangan siswa sejak dini
Downloads
References
Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Current Research in Education: Conference Series Journal. Vol. 01(01). (Online). https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1927 , diakses pada 5 September 2024
Devega, Evita. (2017, Oktober 10). Teknologi: Masyarakat Indonesia malas baca tapi cerewet di medsos. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia- malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media
Jatnika, S. A. (2019). Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis. Indonesian Journal of Primary Education. Vol. 3(2). (Online). https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/download/18112/10847 , diakses pada 5 September 2024.
Kemdikbud. (2017). Gerakan Literasi Nasional: Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Literasi Sekolah. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. (2021, November 19). Tingkat literasi Indonesia memprihatinkan, Kemenko PMK siapkan peta jalan pembudayaan literasi. Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://kemenkopmk.go.id/tingkat-literasi-indonesia-memprihatinkan-kemenko-pmk-siapkan-peta-jalan-pembudayaan-literasi
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2023, Desember 4). Peringkat Indonesia pada PISA 2022 naik 56 posisi dibanding 2018. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa- 2022-naik-56-posisi-dibanding-2018
Nurhadi. (2004). Pendidikan Literasi: Asas dan Aplikasi di Sekolah. Jakarta: Penerbit Grasindo.
Rahmanto, B. (2003). Membaca Efektif. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Tarigan, H. G. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Sujanto, W. (2011).Metode Pengajaran Literasi: Konsep dan Praktik. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Suyanto. (2016). Strategi Peningkatan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Santosa, S. (2020). Inovasi dalam Pendidikan Literasi: Studi Kasus di Sekolah Dasar. Surabaya: Penerbit Kencana.
Mulyadi, A. (2015). Teknik Kreatif dalam Pengajaran Literasi. Bandung: Penerbit Nuansa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ARDHI : Jurnal Pengabdian Dalam Negri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.