Implementasi Manajemen Konflik dalam Meningkatkan Produktivitas Madrasah di MTs Al-Washliyah Kota Tebing Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i5.573Keywords:
Conflict Management, School Productivity, Tebing Tinggi CityAbstract
This research will focus on three main areas: 1) what are the methods of madrasah heads in managing conflict, 2) what is the productivity of madrasahs at MTs al-washliyah, cliff high city, 3) what are the conflict resolution strategies at MTs al-washliyah, cliff high city. This research aims to find out: The first is to find out how school principals manage conflict, the second is to find out how madrasa productivity is at MTs al-Washliyah, Tebing Tinggi City, and the third is to find out what conflict resolution strategies are, This study used qualitative research methods.
Downloads
References
Al- Imam Abul Fida Isma’il Ibnu Kasir Ad-Dimasyqi. (2008). Tafsir Ibnu Kasir: Juz 4 & 5. Sinar Baru Algensindo.
Ananda, Rusyidi, & Tien Rafida. (2017). Pengantar evaluasi program pendidikan. Medan: Perdana Publishing.
Anwar, Khoirul. (2018). Urgensi penerapan manajemen konflik dalam organisasi pendidikan. Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2).
Anzizhan. (2015). Konflik dalam organisasi sekolah. Jurnal Tarbiyah, 22(1).
Bararah, I. (2020). Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Mudarrisuna, 10(2), 352.
Basri, H., et al. (2024). Transformational leadership of pesantren as a role model for contemporary Islamic education institutions. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 7(1), 2.
Djihadah, N. (2020). Kecerdasan emosional dan kepemimpinan kepala madrasah dalam aplikasi penguatan pendidikan karakter (PPK) di madrasah. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(1), 5.
Erawan, W. (2022). Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru pada MAN 1 Sumedang. Manajerial: Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 2(4), 387.
Handoko, & Hani, T. (2000). Manajemen personalia dan sumber daya manusia. Yogyakarta: BPFE.
Hasbiansyah, O. (2008). Pendekatan fenomenologi: Pengantar praktik penelitian dalam ilmu sosial dan komunikasi. Mediator, 9(1).
Hazimah, G. F., et al. (2021). Pengelolaan kurikulum dan sarana prasarana sebagai penunjang keberhasilan pembelajaran siswa sekolah dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 9(2), 122.
Hediriansyah, J. (2014). Manajemen konflik dalam sebuah organisasi. Jurnal STIE Semarang, 6(1).
Imam Gunawan. (2014). Metode penelitian kualitatif: Teori dan praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Komariah, & Engkoswara. (2010). Administrasi pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Kompri. (2016). Manajemen pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kurniadin, D., & Machali, I. (2012). Manajemen pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Lubis, E. A. (2012). Metode penelitian pendidikan. Medan: Unimed Press.
Manupak, A. T. (2011). Strategi kepala sekolah dalam mengelola konflik menyikapi. Jurnal Pendidikan Manajerial, 7(4).
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2007). Analisis data kualitatif: Buku sumber tentang metode-metode baru. (T. Rohendi, Trans.). Jakarta: UI Press.
Moedjiono, I. (2002). Kepemimpinan dan keorganisasian. Yogyakarta: UII Press.
Muflihah, A., & Haqiqi, A. K. (2019). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan manajemen mutu pendidikan di madrasah ibtidaiyah. QUALITY, 7(2), 53.
Muhyadi, J. M. (2017). Manajemen pendidik dan tenaga pendidikan di madrasah aliyah negeri Kota Yogyakarta (Skripsi). Vol. 5, No. 02.
Mulyasa, E. (2003). Menjadi kepala sekolah profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2013). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Mulyati, E., et al. (2021). Strategi penanganan konflik di sekolah menengah kejuruan (SMK). Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 10(2), 2.
Nurrohim, & Hassa. (2009). Efektivitas komunikasi dalam organisasi. Jurnal Manajemen, 7(4).
Nurussalami, et al. (2023). Strategi kepala madrasah dalam pengelolaan konflik siswa di MAS Jeumala Amal Pidie Jaya. Intelektualita: Journal of Education Sciences and Teacher Training, 12(2), 136.
Pitriani, H., & Deca. (2024). Manajemen konflik dalam sebuah organisasi. Cendekia Inovatif dan Berbudaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(3), 331.
Polak, M. (1982). Sosiologi suaru baku: Pengantar ringkas. Jakarta: Ichtiar Baru.
Raihan. (2019). Penerapan reward dan punishment dalam peningkatan prestasi belajar pendidikan agama islam terhadap siswa SMA di Kabupaten Pidie. DAYAH: Journal of Islamic Education, 2(1), 129.
Ramdani, Z., et al. (2019). Pentingnya kolaborasi dalam menciptakan sistem pendidikan yang berkualitas. MEDIAPSI, 5(1), 40.
Ritzer, G., & Godman, D. J. (2004). Teori sosiologi modern. (A. Alimandan, Trans.). Jakarta: Kencana.
Ritzer, G., & Godman, D. J. (2004). Teori sosiologi modern. Jakarta: Kencana.
Robbins, S., & Judge, A. (2015). Prilaku organisasi (Organizational Behavior) (Edisi ke-16). (R. Saraswati & F. Sirait, Trans.). Jakarta: Salemba Empat.
Rosita, R., et al. (2016). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru pada SD Negeri Unggul Montasik. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 4(1), 127.
Rusdiana. (2015). Manajemen konflik. Bandung: CV Pustaka.
Salim, & Syahrum. (2011). Metodologi penelitian kualitatif, konsep dan aplikasi dalam ilmu sosial, keagamaan dan pendidikan. Bandung: Citapustaka Media.
Siahaan, A., Hidayat, R., & Rustam. (2019). Manajemen lembaga pendidikan islam. Medan: LPPPI.
Sosialisman, et al. (2023). Pengoptimalan peran kepala sekolah sebagai mediator konflik di SMA Negeri 2 Dedai. Manajemen Pendidikan, 18(2), 177.
Sudarmanto, E. (2021). Manajemen konflik. Makassar: Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Supardi. (2014). Kinerja guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sutrisno, E. (2009). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Utami, T. (2020). Strategi manajemen konflik dan dampaknya terhadap produktivitas sekolah. Jurnal Pendidikan Berkualitas.
Wahyudi, R. F., & Suriati. (2023). Urgensi kompetensi pemimpin dalam mengelola konflik organisasi: Suatu analisis dari perspektif komunikasi konflik. Retorika: Jurnal Kajian Komunikasi dan Penyiaran Islam, 5(1), 1.
Wartini, S. (2015). Strategi manajemen konflik sebagai upaya meningkatkan kinerja teamwork tenaga kependidikan. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 6(1), 66.
Wijaya, D. (2022). Tantangan penerapan manajemen konflik di lingkungan pendidikan. Jurnal Pengembangan Pendidikan.
Winardi. (1990). Kepemimpinan dalam manajemen. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Winardi. (1994). Manajemen konflik: Konflik perubahan dan pengembangan. Bandung: Mandar Maju.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Budi Pekerti Agama Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.