Penerapan Metode Ceramah Bervariasi dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Mata Pelajaran PAI Kelas V SDN Sumberjaya 3

Authors

  • Putri Nurafifah Afifah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Putri Nurafifah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Olga Navelia Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Muhammad Zainul Fikri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nicky Rismansyah Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.61132/jbpai.v3i3.1144

Keywords:

Varied Lecture Method, Last Day, Students Understanding

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai seberapa efektif metode pembelajaran yang beragam dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang jenis-jenis dan tanda-tanda hari kiamat pada siswa kelas 5 SDN Sumberjaya 3 dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Metode yang dipakai adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan Kemmis dan McTaggart yang dilakukan dalam dua siklus melalui langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Terdapat 17 siswa yang menjadi subjek penelitian ini. Temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman yang signifikan di antara siswa, yang terlihat dari persentase ketuntasan belajar yang meningkat dari 30% di siklus sebelumnya menjadi 65% pada Siklus I, dan mencapai 100% di Siklus II. Penggunaan metode ceramah yang beragam, digabungkan dengan media visual, diskusi, dan interaksi aktif, terbukti efektif dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi agama yang bersifat abstrak. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan metode ceramah yang bervariasi sebagai salah satu strategi pembelajaran yang efektif untuk Pendidikan Agama Islam di tingkat sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisa, N., Putra, P., & Multahada, A. (2023). Penerapan Metode Ceramah Bervariasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Memotivasi Siswa di SD Negeri 14 Sebangkau Tahun Pelajaran 2022-2023. Jurnal Lungi, 1–4.

Arif, S., & Oktafiana, S. (2023). Penelitian Tindakan Kelas (1 ed.). Mitra Ilmu.

Arifin, S. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan yang Terkandung dalam Kepercayaan kepada Hari Akhir. Jurnal Mas Mansyur, 1(1), 7.

bin Naksi Shian, F., Hafidhuddin, D., & Rahman, I. (2023). Konsep Keimanan Hari Akhir Perspektif Imam Al-Qurthubi dalam Kitab Al-Tadzkirah Bi Ahwal Al-Mauta Wa Umur Al-Akhirah. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 83.

Dzakirah, H., Fadhilah, N., Falah, H., Lisa, L., & Wismanto, W. (2025). Kepercayaan terhadap Hari Akhir dalam Perspektif Islam. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(1), 40.

Hamzah, B. U. (2012). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Bumi Aksara.

Hasan, M., Hemawati, H., & Sirait, R. (2024). Efektivitas Metode Ceramah Bervariasi dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadist di MTS AL-Washliyah 47 Binjai. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 7–1.

Maryati, Y. S., Saefullah, A. S., & Azis, A. (2025). Landasan Normatif Religius dan Filosofis pada Pengembangan Metodologi Pendidikan Agama Islam. Qolamuna: Keislaman, Pendidikan, Literasi dan Humaniora, 1–2.

Prasetyo, A., & Linnaja, N. (2020). ). Konsep Pendidikan Iman Dalam Qur’an (Kajian Surah Al-Hajj Ayat/22: 7) . Al-Qalam : Jurnal Ilmu Pendidikan , 21(1).

Sabry, M. S. (2015). Menyelami Makna Hari Akhir Dalam Al-Qur’an. Jurnal Tafsere, 3–2.

Saefullah, A. S. (2024). Ragam Penelitian Kualitatif Berbasis Keputakaan pada Studi Agama dan Keberagaman dalam Islam. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2–4.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sutarsih, S. (2013). Pengaruh penerapan metode ceramah bervariasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMK Al-Hidayah Lestari [Skripsi]]. UIN Syarif Hidayatullah.

Yulianti, C. (2013, Januari 24). Makna Beriman Kepada Hari Akhir Dan Hikmahnya Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Detik.com.

Downloads

Published

2025-05-20

How to Cite

Putri Nurafifah Afifah, Putri Nurafifah, Olga Navelia, Muhammad Zainul Fikri, & Nicky Rismansyah. (2025). Penerapan Metode Ceramah Bervariasi dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Mata Pelajaran PAI Kelas V SDN Sumberjaya 3. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(3), 01–13. https://doi.org/10.61132/jbpai.v3i3.1144

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.